Uniknya Furniture Rumah Minimalis Dari Kayu Sungkai

Kayu yang dikenal dengan nama jati sabrang, ki sabrang, sungkai dan sekai ini memiliki warna cokelat muda pada bagian tengahnya, sedangkan pinggirannya berwarna cokelat yang sedikit lebih terang. Setelah dipotong,...

Updated on
Uniknya Furniture Rumah Minimalis Dari Kayu Sungkai

Berkenalan Dengan Kayu Sungkai

Di Lumikasa, kami percaya bahwa setiap orang mempunyai hak untuk memilih konsep rumah idaman mereka sendiri. Dan untuk mendukung konsep rumah tersebut, baik desain interior, furniture lokal atau brand ternama luar negeri, dan aksesoris rumah harus memiliki corak dan warna yang tepat. Penggunaan bahan baku dari produk furniture dan aksesoris rumah yang tepat juga merupakan salah satu faktor penentu apakah rumah idamanmu sudah sesuai dengan konsep yang kamu inginkan atau belum. Kayu menjadi salah satu bahan baku yang paling disukai karena memiliki karakteristik yang berbeda tergantung pada jenis kayu, salah satunya adalah kayu Sungkai. Kayu yang berasal dari Kalimantan ini memiliki nama latin Peronema canescens Jack dan dapat tumbuh mencapai 20 – 30 meter. Kayu Sungkai sering digunakan sebagai bahan baku furniture rumah kelas menengah dan akan cocok untuk kamu yang penikmat interior rumah Japandi (Japanese – Scandinavian). Kualitasnya tidak kalah bagus dengan kayu lainnya dan harganya pun bersaing.

 

Karakteristik Kayu Sungkai

(Source: rumah.com)

Kayu yang dikenal dengan nama jati sabrang, ki sabrang, sungkai dan sekai ini memiliki warna cokelat muda pada bagian tengahnya, sedangkan pinggirannya berwarna cokelat yang sedikit lebih terang. Setelah dipotong, pinggiran kayu Sungkai berwarna putih dan kemudian akan berubah menjadi putih-kekuningan setelah dikeringkan.

Kayu Sungkai memiliki permukaan yang kasar meskipun sudah diamplas. Hal ini kemungkinan karena arah seratnya yang lurus namun kadang bergelombang. Namun jangan salah, serat dan alur dari kayu Sungkai ini sangat indah. Itulah salah satu alasan mengapa kayu Sungkai menjadi salah satu jenis kayu yang populer untuk furniture rumah. Selain itu, bobotnya sangat ringan untuk ukuran kayu.

(Source: bramblefurniture.com)

 

Keunggulan dan Kekurangan Kayu Sungkai

 

Keunggulan Kayu Sungkai

 

Kekurangan Kayu Sungkai

  •   Serat kayu yang cantic cocok untuk furniture rumah minimalis
  •   Hanya membutuhkan finishing natural
  •  Cukup kuat
  •   Proses pengolahan mudah
  •   Harga relative lebih murah
  •  Tidak tahan terhadap perubahan cuaca
  •   Tidak dapat digunakan sebagai furniture outdoor
  •   Membutuhkan pelindung hama (rayap dan kutu bubuk)
  •   Permukaan kasar, sehingga membutuhkan finishing khusus
  •  Bobotnya ringan, sehingga sulit membedakan kayu sungkai dan kayu lainnya

 

Kegunaan Kayu Sungkai

(Source: rumah.com)

Karena karakteristik kayu yang kuat dan pola serat yang indah, kayu Sungkai sering dimanfaatkan sebagai bahan baku furniture rumah. Contohnya adalah perabot rumah tangga seperti kursi untuk ruang tamu, meja makan, daun pintu, lemari pakaian, dan barang lainnya. Selain diolah sebagai furniture, kayua Sungkai dapat diolah menjadi veneer yang digunakan untuk melapisi permukaan kayu lapis.

(Source: rumah.com) 

Jika kamu mencari toko online furniture rumah yang menjual furniture dari kayu Sungkai, beli furniture online di salah satu toko furniture Indonesia, Lumikasa. Tersedia banyak furniture dan space-saving untuk kebutuhan rumah minimalis kamu seperti coffee table dan sofa untuk ruang tamu minimalis kamu, kursi dan meja makan untuk ruang makan minimalis, dan tidak ketinggalan aksesoris rumah juga. Lumikasa jual furniture online dari brand furniture terkenal di Indonesia, salah satunya adalah the Stora. Yuk, langsung dilihat saja produk furniture jakarta mereka di sini.

 

Tips Kombinasi Furniture Kayu Sungkai

(Source: rumah.com)

Furniture rumah dari kayu Sungkai memang paling cocok dipadukan dengan desain interior ala Japandi (Japanese – Scandinavian). Hal ini untuk menonjolkan kesan simple dan bersahaja, namun tetap stylish. Interior warna putih akan terkesan lebih sempurna, apalagi jika dilengkapi dengan furniture dari kayu Sungkai. Pas bange, nih! Furniture dari the Stora berwarna putih-kekuningan yang khas dari kayu Sungkai. Tunggu apalagi? Jika kamu tertarik dengan konsep rumah ala Japandi, pesan furniture rumah dari kayu Sungkai di Lumikasa sekarang!

 

Published on Updated on