4 Tipologi Bangunan Masjid Ini Bisa Diterapkan di Rumah

Sep 30, 2019

By PR

Bangunan Masjid

Tipologi bangunan adalah ilmu yang mempelajari tentang pengelompokan bentuk bangunan yang terdiri dari 3 jenis yaitu, berdasarkan konfigurasi bentuk dan ruang (firmitas), berdasarkan pada fungsi-fungsi bangunan (utilitas), dan terakhir berdasarkan citra atau gambaran serta gaya arsitekturnya (venustas).

 

Mempelajari tipologi bangunan membantu kita dalam menentukan bentuk bangunan yang sesuai dengan kebutuhan, selain itu, tipologi bangunan juga membantu kita dalam mengenali bangunan apa yang berdiri. Contohnya adalah tipologi bangunan masjid yang berbeda dengan tipologi bangunan hunian mulai dari arah, ornamen interior, menara, dan kubah, sehingga kita bisa tahu bahwa bangunan tersebut adalah masjid tanpa melihat signage.

 

Ada banyak hal yang mempengaruhi tipologi bangunan tempat tinggal mulai dari lingkungan, keadaan iklim dan cuaca, adat-budaya, hingga gaya arsitektur tertentu yang sedang marak. Meskipun tipologi bangunan tempat tinggal dan masjid berbeda, bukan berarti kita tidak bisa membangun hunian nyaman yang terispirasi dari rancangan tempat ibadah.

 

Di artikel ini, Lumikasa merangkum 4 tipologi masjid yang bisa kamu terapkan untuk rumah idaman.

1.  Kubah.

Kubah Masjid

Kubah dikenal sebagai salah satu bentuk bangunan yang tahan gempa, juga sangat mudah dan cepat saat dibangun. Selain itu, kubah juga tahan api dan banjir. Indonesia merupakan daerah rawan gempabumi karena dilalui oleh jalur pertemuan 3 lempeng tektonik, yaitu: Indo-Australia, Eurasia, dan Pasifik.

 

Oleh karena itu, rumah dengan bentuk kubah bisa menjadi salah satu solusi bangunan berkelanjutan. Rumah kubah bukanlah hal baru di Indonesia, contohnya adalah Rumah Teletubbies di Jogjakarta. Rumah mungil seluas 7m2 itu dilengkapi dengan 2 pintu, 4 jendela, ruang tamu, dapur, kamar mandi, dan 2 kamar.

 

Sementara di Lombok, rumah kubah masih dalam proses perwujudan. Rencananya rumah kubah akan dibangun dengan tanah, pasir, kerikil, dan dilapisi plester batu alami serta dilengkapi fitur ramah alami seperti solar panel, pengumpul air, dan sistem daur ulang. Rumah yang muat untuk 5 orang ini dibudget Rp 8.000.000 sehingga desain, kualitas, maupun kenyamanan penghuni belum bisa dikompromisasikan.

Masjid Kubah
Masjid Kubah Putih

Jika kamu tertarik untuk rumah dengan bentuk kubah, kamu bisa meniru gaya mereka atau mengembangkannya lebih jauh. Karena hunian adalah tempat dimana kamu akan menghabiskan waktu bersama keluarga, sebaiknya dibuat senyaman mungkin.

Baik rumah kubah kamu berukuran besar maupun kecil, furniture rumah modern berbentuk bulat akan membuat ruanganmu lebih luas. Hal ini karena bentuk bulatnya menyembunyikan sudut sehingga menimbulkan ilusi optik. Untuk furniture rumah modern bulat, desain dinding interior, dan aksesoris rumah lainnya bisa kamu konsultasikan ke kami atau lihat-lihat di kurasi pilihan kami Round it Out!

Tonon Chair Riverside HAY Table Slit Round

2. Pintu Lengkung.

Pintu Lengkung Tapal Kuda

Desain lengkung menjadi bagian penting dalam arsitektur Islam dan terdiri dari berbagai macam, seperti tapal kuda di Masjid Agung Umayyah Damaskus, melintang di Istana Ukhaidir Irak, dan multifoil. Karakteristik yang fleksibel memungkinkan bangunan mencapai keseimbangan dan bisa mengurangi jumlah material yang harus digunakan. Selain itu, desain lengkung mempunyai makna spiritual yang berasal dari bola alam semesta dan simbolisme Ilahi kubah dari mana lengkung berasal.

 

Pintu lengkung bisa kamu terapkan di rumah lho! Mau desain yang sangat mirip dengan pitu lengkung masjid Timur Tengah atau konsep pintu lengkap yang dimodernisasikan juga bisa. Kamu bisa menerapkannya di musholla rumah, dapur, ruang tamu dan keluarga yang menjadi satu namun privasi masih ada, dan ruangan lainnya.

Pintu Tapal Kuda

Pintu Lengkung Geser Arch Door Style

3. Ornamen khas Islami.

Ornamen khas Islami

Dekorasi rumit dan detail yang menjadi ciri khas masjid hampir di seluruh dunia untuk menambah kesan cantik pada bangunan masjid bisa kamu terapkan di rumah. Kamu bisa memulainya dengan menambah motif geometris, motif floral, atau kaligrafi.

 

Contohnya seperti lantai dari Masjid Agung Sheikh Zayed di Abu Dhabi yang menggunakan marmer putih murni Yunani dan Macadonia yang dihiasi batu-batu semi mulia yang disusun menyerupai bunga. Atau jendela besar yang berfungsi sebagai sumber pencahayaan di Masjid Penzberg, Jerman, yang akan berubah menampilkan pola mirip kaligrafi saat malam hari.

Masjid Agung Sheikh Zayed
Detail Ornamen Masjid Abu Dhabi

Masjid Penzberg

Lumikasa merekomendasikan 2 cara dalam menerapkan motif geometris di rumah. Yang pertama adalah dengan menggunakan pola tersebut di dinding kamar mandi. Hal ini tidak hanya akan mebuat kamar mandimu terlihat fresh, namun dengan menambahkan beberapa tanaman hijau sekaligus lampu gantung ala Timur Tengah akan benar-benar membuat kamar mandimu terasa berbeda secara keseluruhan. Yang kedua adalah dengan menggunakan karpet motif khas Timur Tengah di ruang makan.

Kamar Mandi gaya Timur Tengah Ruang Makan Gaya Timur Tengah

4. Muqarnas.

Muqarnas

Ada banyak pola pahatan muqarnas pada langit-langit kubah, namun yang paling sering ditemukan di masjid Timur Tengah adalah pola sarang lebah. Pola ini membuat bangunan tampak megah dan mewah dengan suasa Islami yang kental.

 

Muqarnas juga bisa kamu terapkan di rumah kok dan penempatannya tidak harus di langit-langit. Kamu bisa membuat ornamen tersebut di dinding, jendela, maupun di pintu dengan mencontoh salah satu bangunan di Eropa, yaitu Alhambra Palace. Istana yang dibangun pada abad ke-13 dengan gaya arsitektur Moor (gaya arsitetur Islam yang diartikulasikan di Afrika Utara dan sebagian Spanyol dan Potugal atau Al Andalus) yang khas ini pernah menjadi rumah dari Nasrid Sultan (pejabat tinggi Kesultanan Islam terakhir di semenanjung Siberia) dan Washington Irving (Bapak Cerpen Amerika) menulis 'The Tales of the Alhambra' tepat di tempat ini.

Alhambra Palace Alhambra Palace Details

Jika kamu tertarik untuk mulai memasukkan elemen-elemen khas Timur Tengah Islami ke dalam rumah, kamu mungkin ingin barang-barang berikut ini:

Hotelier Brass Hand Mirror Distressed Blue Terra Cotta Jar w Lid Small Azalea Hand Knotted Turkish Rug

LUMIKASA CERMIN HOTELIER - Rp 590.000

LUMIKASA DISTRESSED BLUE TERRA COTTA JAR WITH LID SMALL - Rp 690.000

LUMIKASA KARPET TURKI AZALEA - Rp 1.490.000 (120x170 cm)

PACIFIC BIRD MIRROR TRAY BRASS Elizabeth Antique Brass Metal & Glass Nested Side Table Pasargad Classic Persian Carpet Blue Avalie
LUMIKASA TRAY PACIFIC BIRD - Rp 2.290.000

LUMIKASA MEJA SAMPING ANTIK ELIZABETH - Rp 7.390.000

PASARGAD CLASSIC PERSIAN CARPET BLUE AVALIE - Rp 8.450.000

Semoga artikel ini bisa menginspirasi kamu yang sedang merencanakan membangun rumah atau memilah-milah furniture rumah untuk hunian baru kamu.