Percantik Ruangan Dengan 13 Tanaman Hias Indoor Ini

Apr 12, 2019

By PR

Musim semi menginjak minggu ke-tiga tapi sayangnya di Indonesia kita tidak bisa menikmati masa yang penuh dengan warna warni bunga. Jangan bersedih. Kamu bisa menyiapkan rumah, apartemen atau kos dengan dekorasi rumah simple yang segar, asri dan membawa suasana sejuk musim semi dengan tanaman hias indoor.

tanaman hias indoor

Selain membuat rumah terasa lebih hidup, tanaman hias indoor berfungsi sebagai tanaman pengusir nyamuk, tanaman penyerap polutan, tanaman pembersih ruangan, tanaman penyejuk ruangan, cara mempercantik ruangan, memperbaiki sirkulasi udara dalam ruang, dan masih banyak lagi. Secara keseluruhan, dengan meletakkan tumbuhan hijau di dalam ruangan adalah cara yang pas untuk tren gaya hidup sehat.

tanaman penyerap polutan

Kehadiran tanaman hias untuk mempercantik interior rumah dengan cara memasukkan tanaman ke dalam rumah atau gaya back to nature ini pernah menjadi tren desain interior 2018. Ada banyak sekali jenis tanaman hias baik yang berukuran kecil atau besar tapi, tidak semua tanaman hias yang cantik cocok ditempatkan di dalam ruangan.

tanaman pembersih ruangan

Tanpa harus membutuhkan banyak tempat, berikut 13 tanaman hias indoor yang cocok untuk menghias kamar tidur, menghias meja kerja, mempercantik kamar mandi, dan interior rumah lainnya.

 

  1. Lidah Buaya.

    Tanaman hias lidah buaya atau Aloe Vera sudah sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia. Tanaman hias indoor atau outdoor yang berjenis sukulen ini mempunyai banyak sekali kegunaan. Bukan rahasia lagi bahwa jenis tanaman hias sukulen bermanfaat untuk wajah, rambut, dikonsumsi, dan bahkan menyembuhkan luka bakar ringan.

    tanaman hias lidah buaya

    Tanaman hias unik dan simple ini pun tidak membutuhkan perawatan yang ribet. Cukup letakkan di dekat jendela dan siram secara teratur, tanaman herbal untuk kulit ini mampu membersihkan udara dari aroma menyengat formalin dan benzene yang dihasilkan dari produk pembersih dan cat.

  2. Sri Rejeki.

    Tanaman hias sri rejeki adalah tanaman hias lain yang digemari oleh masyarakat Indonesia karena perawatannya yang mudah dan memiliki daun bercorak indah. Ada yang mengatakan jika sri rejeki bisa membawa keberuntungan bagi orang yang memelihara, ada juga yang bilang kalau tanaman hias sri rejeki beracun jadi harus berhati-hati jika memiliki anak kecil di rumah.

    tanaman hias sri rejeki


    Tanaman yang layak dipelihara dari sisi penampilannya ini cocok untuk mempercantik interior rumah, apalagi tersedia 8 jenis tanaman sri rejeki yang bisa kamu pilih. Harga tanaman sri rejeki yang murah antara 90 ribu hingga 200 ribu, tanaman dengan nama latin Aglaonema atau dikenal juga dengan Chinese Evergreen bisa kamu bawa pulang.

    Aglaonema

    Agar Aglaonema dapat tumbuh dengan baik dan warna-warna daun yang cerah, kondisikan tanaman sri rejeki dengan intensitas matahari yang rendah dan kelembapan tanah yang tinggi. Pesona Aglaonema terletak pada kombinsi dua sampai tiga warna dalam setiap daunnya yaitu, merah, merah muda, hijau, dan putih.

  3. Kuping Gajah.

    Tanaman hias dengan nama lain Anthurium Crystallinum ini memiliki dua jenis, yaitu kuping gajah daun dan kuping gajah bunga. Tanaman hias asal Amerika Selatan berwarna merah terang sehingga banyak dilirik untuk dekorasi rumah.

    tanaman hias populer


    Tanaman yang juga dikenal sebagai bunga Flamingo ini paling sering berwarna merah, tapi ada juga yang berwarna merah muda, lavender, dan hijau. Bersihkan daun secara teratur dengan spons dan air hangat agar tanaman terlihat baik.

    Tanaman hias yang cantik dan eksotis ketika bunganya mekar ini sangat menyukai pasir, humus, dan lingkungan lembab. Tidak hanya visualnya yang menarik, daun kuping gajah efektif menyedot zat amonia, formaldehida, toluene, dan xilena sehingga sangat baik untuk diletakkan di area yang terdapat alat elektronik seperti dekat TV atau printer.

    tanaman penyejuk ruangan

  4. Peace Lily.

    Bunga Peace Lily alias Spathiphyllum atau bunga lily putih sangat ideal untuk membawa musim semi ke dalam ruangan. Tanaman yang bisa bertahan dalam kondisi redup dan di bawah suhu 27 derajat ini membutuhkan penyiraman seminggu sekali dan akan tumbuh dengan sangat baik di bawah lempu neon.

    bunga peace lily

    Tanaman hias indoor ini pilihan bagus untuk interior kamar mandi atau ruangan dengan sedikit cahaya meskipun akan lebih baik jika ditempatkan langsung di area yang terkena sinar matahari.

    Tanaman hias populer yang disukai banyak orang dan cukup menjadi idola, cantik dengan warna daun hijau tua mengkilat dan bunga yang mekar. Peace Lily dapat menghilangkan bahan kimia dan racun berbahaya seperti aseton, ammonia, benzene, etil asetat, formaldehyde, trichloroethylene metil, alkohol, dan xilena.

    tanaman hias yang cantik

  5. Snake Plant.

    Tanaman hias indoor dengan nama latin Sansevieria Trifasciata Laurentii atau bunga Lidah Mertua ini bisa membuat sirkulasi udara lebih segar dan mata menjadi sejuk dengan penampilan daun panjang yang tumbuh vertikal.


    bunga lidah mertua


    Tanaman penyaring udara dalam ruangan ini dapat bertahan di tempat yang kurang pencahayaan dan air serta paling baik dalam menyaring zat formalin. Bentuknya yang mudah dikenali: kaku, tegak, daun menyerupai pedang, cocok disimpan di kamar mandi atau interior ruang tamu sebagai tanaman hias dalam ruangan rumah, apartemen, atau kos dengan perawatan yang cukup simple yaitu hanya dengan menyiram tanaman Sabsevieria ini sesekali.


    tumbuhan hijau

  6. Lucky Bamboo.

    Lucky bamboo, nama keren dari tanaman hias bambu rejeki yang sesuai namanya dipercaya bisa membawa keberuntungan sering dijadikan simbol dekorasi rumah. Tanaman indoor feng-shui ini tumbuh subur dalam cahaya redup dan cahaya matahari tidak langsung.

    Ribbon Plant atau bambu rejeki termasuk dalam keluarga tanaman Dracanea, cocok diletakkan di samping jendela. Tambahkan seikat pita merah untuk sedikit pop color yang menarik perhatian.

    tanaman hias bambu rejeki

     

  7. Lavender.

    Tanaman hias ini tentu sudah tidak asing bagi kalian karena manfaatnya. Benar sekali. Selain pembersih udara, bunga lavender pengusir nyamuk.

    Aroma wangi nya membuat tidur kian lelap dan sangat baik untuk mengatasi cemas karena bunga lavender mengeluarkan zat yang bisa membuat tubuh rileks, menyembuhkan sakit kepala, dan sangat dianjurkan bagi yang memiliki insomnia untuk menyimpan lavender di kamar kalian. Tempatkan di dekat jendela supaya mendapat sinar matahari cukup, dan tentu saja agar nyamuk atau serangga lain enggan masuk ke rumah.

    bunga lavender pengusir nyamuk

    tanaman pengusir nyamuk

  8. Monstera.

    Jenis tanaman Monstera yang sering digunakan sebagai tanaman hias adalah Monstera Deliciosa. Tanaman rambat dari wilayah Meksiko dan Guatemala ini memiliki ciri khas daun hijau tua, mengkilap, lebar, bentuk daun yang unik yaitu aksen lubang pada helai daun yang menjari.

    Monstera selalu dipakai sebagai aksen dekorasi pelengkap pada konsep interior minimalis dan Scandinavian style karena mampu mendatangkan atmosfir kesejukan hutan tropis ke dalam ruangan.

    jenis tanaman monstera

    Selain mempercantik tampilan interior rumah, memperbaiki kualitas udara di dalam ruang terutama di malam hari, dan relatif tahan terhadap serangan hama dan penyankit, Monstera juga dipercaya sebagai simbol kemakmuran, kesehatan, dan penghormatan terhadap orang tua dan leluhur.

    Bagi jenis tanaman hias yang memiliki segudang manfaat, berbeda dari tanaman tropis kebanyakan, Monstera tahan ditempatkan di area dengan pencahayaan yang minim dan hanya perlu menyiramnya ketika 2-5 cm kedalaman tanah terasa kering saat disentuh.

    jenis tanaman hias

    tanaman hias unik

    Jauhkan tanaman instagramable ini dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan karena daunnya yang beracun dan jangan takut untuk memotong daunnya jika diperlukan ketika warnanya mulai memudar.

  9. Anggrek.

    Salah satu bunga Feng Shui yang diyakini dapat meningkatkan kepercayaan diri memiliki tampilan feminine dan secara signifikan menaikkan visual gaya interior rumah.

    anggrek

    Tanaman hias yang cantik ini selalu menjadi favorit pecinta tanaman karena anggrek dapat membantu menetralisir ruangan dengan membersihkan udara dari xilenia dalam kandungan lem dan cat. Terlebih lagi, tanaman popular ini mengeluarkan oksigen di dalam hari yang pastinya akan membuat ruangan menjadi sejuk. Tempatkan di pot, dan ini akan menjadi tambahan aksesoris rumah baik untuk interior kamar tidur, interior kamar mandi, atau interior ruang keluarga.

    tanaman hias bunga

  10. Krisan.

    Asing dengan namanya? Bagaimana dengan bunga Seruni? Tanaman hias bunga dengan nama latin Chrysanthemum atau Garden Mums ini merupakan tanaman pembersih udara terbaik berdasarkan penelitian NASA.

    bunga krisan

    Bunga yang mampu tumbuh setinggi 90 cm ini bisa menyerap ammonia, benzene, formalin, dan xylene dari udara. Jenis tanaman hias yang wajib dimiliki pecinta tanaman hias bunga ini memiliki warna-warni yang indah. Sebaiknya bunga Krisan di tanam di luar ruangan terlebih dahulu sampai bunganya mekar baru kemudian dipindahkan ke dalam ruangan agar tidak layu. Mempercantik rumah dengan bunga tidak terlalu buruk, bukan?

    dekorasi rumah simple

  11. Sirih Gading.

    Tanaman cantik yang dikenal dengan Devil’s Ivy ini bisa bertahan baik di udara dingin maupun kering, lho!

    Selain kemampuan adaptasinya yang luar biasa, kamu bahkan bisa mengembangkan tanaman hias hanya dengan memetik batangnya kemudian menancapkannya di media tanam atau pot air. Agar tampil cantik, jangan lupa untuk mengganti airnya paling tidak setiap 2-3 hari sekali dan jemur di bawah sinar matahari langsung setiap 2-3 minggu sekali.

    devils ivy

    tanaman sirih gading

  12. Palem Kuning.

    Tanaman keluarga sawit yang berasal dari Madagaskar ini sering kita jumpai di pekarangan rumah. Pesonanya adalah daun menyirip berwarna hijau kekuningan dan pelepah berwarna kuning terang.

    Tanaman hias ini cocok jika kamu tinggal di lingkungan perokok sebab palem dikenal sebagai pembersih udara alami yang dapat menghilangkan formaldehida, benzene, dan karbon monoksida.


    Palem Kuning


  13. Kaktus Hias.

    Siapa sih yang tidak suka tanaman hias indoor yang imut ini?

    kaktus hias

    Tanaman khas gurun pasir dalam ukuran yang lebih kecil ini merupakan tanaman favorit untuk menghias taman kering karena perawatannya yang sangat mudah. Sediakan pot kecil dan kaktus mini dapat bertahan meskipun dengan pencahayaan minim serta tidak terlalu disiram agar tidak cepat busuk.

    kaktus mini

Dari ketiga belas jenis tanaman hias indoor di atas, kamu pilih mana untuk menghias rumah? Tapi ingat, kamu harus pandai merawatnya. Salah perawatan saja, alih-alih dapat mempercantik rumah kamu malah repot untuk karantina atau malah harus membeli tanaman hias baru! Temukan berbagai vas bunga di bawah ini sebagai media tanam tanamanmu!

  1. LUMIKASA VAS DOLOMITE OWL – Rp 390.000,-

    Vas Bunga Dolomite

  2. LUMIKASA TERRARIUM BRASS EDGE HANGING BIRD HOUSE – Rp 690.000,-

    Terrarium Kaca

  3. LUMIKASA VAS KACA GOURD HOBNAIL – Rp 790.000,-

    Vas Bunga Kaca Biru Gourd

  4. LUMIKASA VAS MORROCAN GRAY WHITE RED LARGE – Rp 1.790.000,-

    Vas Bunga Ala Maroko

  5. LUMIKASA VAS ARCHIPELAGO BOTANIC – Rp 2.190.000,-

    Vas Bunga Archipelago