5 Alasan Mengapa Kamu Harus Punya Karpet Persia di Rumah

Mar 11, 2019

By PR

Pernahkah kamu berjalan di atas karpet yang lembut dan tebal? Atau mendapati karpet mewah dan elegan? Kamu pasti beranda-andai berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat permadani tersebut dengan tangan. Permadani Persia, yang sekarang lebih dikenal dengan Iran, mempunyai reputasi mendunia dan bahkan, menurut “The New York Times” merupakan salah satu kerajinan paling rumit dan paling intensif di dunia. Hal ini karena permadani merupakan salah satu bagian penting dalam budaya Iran. Namun, karpet Persia yang indah dan terperinci ini terancam punah lantaran pengerjaannya membutuhkan waktu bertahun-tahun dan sulitnya mengimbangi pasar tren global. Biaya pengeluaran yang sangat tinggi tidak berbanding lurus dengan sedikitnya permintaan.

Permadani Persia

Sejarah Karpet Persia

Karpet Persia melalui sejarah yang sangat panjang, berkisar lebih dari 2.500 tahun yang lalu. Maka dari itu, keterampilan dan kreativitas dari orang-orang Iran bisa dibilang sudah mencapai tingkat kesempurnaan yang luar biasa karena keterampilan ini sudah diwariskan secara turun-temurun selama berabad-abad dan hal ini menjadikan seni tenun karpet Persia sebagai rahasia keluarga yang dijaga ketat.

Sebelum menyusuri lebih jauh mengenai sejarah karpet Persia, barang yang pada masa kini digunakan sebagai penutup lantai dan lebih difokuskan untuk keindahan ruang ini dulunya digunakan untuk melindungi suku nomaden Persia dari dingin dan udara lembab. Namun seiring dengan berjalannya waktu, keindahan karpet yang semakin meningkat karena keterampilan pembuatnya yang selalu diasah ini menarik raja dan bangsawan sebagai tanda kekayaan, prestise, dan tanda kehormatan.

Diantara banyak suku di Iran yang membuat karpet, jenis karpet Iran terotentik datang dari tenun suku Qashqa. Proses pembuatan karpet dimulai dari mencukur bulu domba, mengumpulkan bulu domba, bulu domba/wol itu kemudian dibersihkan dan dipintal menjadi benang. Kualitas benang wol tergantung pada jenis domba yang digunakan, iklim tempat penggembalaan domba, kondisi padang rumput sebagai makanan utama domba, dan waktu pencukuran. Benang-benang tersebut kemudian diwarnai dengan cara merebus benang dengan pewarna alami dari tanaman dan serangga; seperti daun anggur, chamomile, kulit delima, nila dan cochineal. Setelah kering, baru benang-benang yang sudah melalui proses pewarnaan ditenun untuk menjadi sebuah permadani.

Tenun Suku Qashqa

Menenun pun bukannya hal mudah. Para penenun membutuhkan waktu dari hitungan bulan sampai tahun untuk membuat satu buah permadani, tergantung pada ukuran dan kualitas. Menghabiskan waktu yang lama dalam keadaan membungkuk tentu saja membutuhkan tenaga yang luar biasa besar untuk para penenun, oleh sebab itu permadani tidak hanya sebuah objek semata namun sering kali menyampaikan karakter dan suasana hati penenun. Seperti pelukis yang mencurahkan hati atau pandangan ke dalam lukisan.

Seni Tenun Karpet Persia

Kembali lagi ke sejarah karpet Persia.

Karpet tenun yang pertama dipercaya pertama kali ditemukan dari Dinasti Sassanid Persia (224-641 SM), yaitu karpet  “The springtime of Khosro”, karpet ini biasa digunakan Raja Khosro I untuk berjalan di sepanjang karpet ketika musim dingin untuk mengingatkannya akan keindahan musim semi. Karpet berbahan dasar sutera berukuran 400’x100’ dengan berat beberapa ton ini dipotong dalam beberapa bagian dan dijual secara terpisah ketika Kerajaan Khosro I diserbu oleh orang Arab.

Karpet tenun yang benar-benar menjadi bentuk seni berlangsung selama Dinasti Safawi (1499-1722 M) saat Kekaisaran Persia berada di puncaknya. Beberapa karpet terbaik dirajut di sebuah bengkel yang khusus didirikan oleh Kaisar dengan memperkerjakan desainer, pengrajin dan penenun berbakat. Desainer atau seniman membuat sebuah desain lalu memberikannya kepada penenun untuk ditenun menjadi sebuah permadani. Karpet permadani terbaik pada masa itu biasanya terbuat dari sutra atau wol dengan kombinasi benang emas dan perak.

Karpet Ardabil di London

Ardabil Karpet

Kamu bisa melihat dua karpet yang paling dikenal pada masa Dinasti Safawi yang digunakan di masjid Ardabil pada tahun 1539 di Museum Victoria and Albert, London. Banyak ahli percaya bahwa kedua karpet ini merupakan puncak pencapaian dalam desain karpet.

Karpet Persia sempat mengalami penurunan bahkan sampai tidak ada karpet yang bernilai tinggi pada tahun 1747, sesaat setelah Shah Persia meninggal dan kampanye melawan Afghanistan, Turki, dan Rusia. Kemudian pembuatan karpet Persia kembali berkembang dengan pedagang Tabriz mengekspor karpet ke Eropa melalui Istanbul pada kuartal abad ke-19. Lalu pada akhir abad ke-19, perusahaan Eropa dan Amerika mendirikan bisnis di Persia untuk mengorganisir produksi kerajinan yang berfokus pada pasar barat. Contohnya adalah karpet Ziegler dari perusahaan Jerman yang berbasis di Manchester, Ziegler & Co, saat ini sebagai salah satu karpet paling popular setelah pindah ke Iran untuk mengembangkan karpet ekspor dengan penenun utama mereka adalah penenun Iran.

Karpet Ziegler

Sudah cukup mengenal dengan karpet Persia tapi masih ragu mengapa kamu harus punya barang ini di rumah? Berikut 5 Alasan Mengapa Permadani Penting Sebagai Dekorasi Rumah.

  1. Karpet Tertua yang dikenal sampai saat ini.

    Karpet Tertua di dunia
    Jika kamu benar-benar membaca, kamu pasti tahu bahwa karpet tenun sudah ada sejak Dinasti Sassanid Persia. Baik pengrajin dan penenun berbakat terlatih sudah dilatih dengan seni tenun rahasia secara turun temurun, kamu sudah pasti tidak perlu khawatir akan kualitasnya.

  2. Kekayaan Karpet Persia.

    Kualitas Karpet Persia
    Permadani Persia dibuat menggabungkan bahan alami, pewarna alami, dan kreativitas penenun sehingga menghadirkan kehangatan dan kesabaran. Kekayaan warna, keragaman pola dan kualitas desain yang menyimpulkan tradisi dan kebijaksanaan Negara Timur Tengah, karya terbaik dalam sejarah ini patut menjadi salah satu aksesoris rumah berkualitas di rumah.

  3. Karpet Persia adalah Salah Satu Investasi.
    Ruang Tamu Timur Tengah
    Ada dua jenis pembuatan karpet Persia, yaitu dengan mesin dan ditenun dengan tangan. Karpet Persia tenun adalah benda yang dapat kamu wariskan kepada anak-anak dari generasi ke generasi karena tahan lama dan biasanya nilainya meningkat dari waktu ke waktu.

  4. Permadani membuat rumah nyaman untuk ditinggali.
    Seperti suku nomaden yang membuat karpet Persia untuk alas tenda mereka sebagai bentuk perlindungan dari udara dingin dan lembab, tujuan utama karpet adalah untuk kenyamanan. Serat padat dan tebal menjaga tetap hangat di musim dingin dan meminimalisir gema dari dinding atau lantai yang keras. Jadi jika kamu punya karpet Persia di rumah, Selamat!
    Rumahmu mempunyai kenyamanan berkualitas tinggi dan juga penuh gaya!


    Modern Living Room


  5. Dekorasi Rumah Berkualitas tinggi tidak pernah ketinggalan jaman.
    Ruang Keluarga Boho
    Ketika memilih untuk membeli barang dekorasi rumah, tentunya kamu sudah memikirkan tentang tren dekorasi interior terbaru (yang kamu bisalihat di sini). Namun kamu tidak perlu khawatir tentang permadani Persia. Orang-orang sudah menggunakannya selama lebih dua millennium dan tidak ada indikasi orang akan berhenti memakainya di rumah. Inilah mengapa kamu harus punya paling tidak, satu buah Karpet Persia di dalam rumah.

Kami menawarkan Permadani Persia import asli Iran yang indah dan unik dengan desain mewah. Berikan sentuhan gaya Timur Tengah dan Eropa pada lantai atau dinding kamu dengan karpet indah berikut.

1. PASARGAD CLASSIC PERSIAN CARPET BLACK ASTRELLA

PASARGAD CLASSIC PERSIAN CARPET BLACK ASTRELLA

2. PASARGAD CLASSIC PERSIAN CARPET BLACK EZRA

PASARGAD CLASSIC PERSIAN CARPET BLACK EZRA

3. PASARGAD CLASSIC PERSIAN CARPET BLACK AZITA
PASARGAD CLASSIC PERSIAN CARPET BLACK AZITA
4. PASARGAD CLASSIC PERSIAN CARPET BLACK CYRA

PASARGAD CLASSIC PERSIAN CARPET BLACK CYRA

5. PASARGAD PERSIAN SHAGGY CHOCO

PASARGAD PERSIAN SHAGGY CHOCO

Selain 5 karpet Iran di atas, kamu juga bisa lihat model karpet lainnya di sini.